Tips Memenangkan Persaingan dalam Kehidupan, Bisnis & Pekerjaan

persaingan pijar bangsa 1Ada yang menarik dan mengganggu pikiranku saat mendengar penjelasan mas Gunawan Wibisono seorang CEO dan Founder dari PT. Sumber Inti Pangan dan alumni SMU Kolese De Britto 1986 di acara Ayo Sinau Urusan (ASU) Pengusaha Tangguh, De Britto Bussiness Club (DBBC), tanggal 27 Februari 2016 Di Hotel Dafam Seturan Yogyakarta. Saking (Sangat) mengganggunya maka saya putuskan untuk membagikannya dengan teman teman sekalian meskipun dalam suasana hari libur Paskah.

singa rusa1Hal itu adalah mengenai Tips Memenangkan Persaingan dalam Kehidupan, Bisnis dan Pekerjaan yaitu cerita tentang “Lion And Deer Parable” atau “Perumpamaaan Singa dan Rusa”. Cerita Singa dan Rusa ini adalah cerita yang melambangkan sebuah persaingan dalam rantai makanan. Namun kita tidak akan membahas masalah makan dan memakan disini.

Cerita tersebut dapat kita ambil hikmahnya dalam kehidupan, bisnis dan pekerjaan kita. Seekor Rusa untuk bertahan hidup harus mencari dan memakan rumput di pagi hari sebelum semua binatang berkumpul di padang rumput terbaik. Dalam rantai makanan diatasnya Sekumpulan singa juga memiliki hak yang sama untuk mempertahankan kelangsungan kehidupan mereka dan kawanannya… Maka sekumpulan Singa itu harus lebih pagi lagi dari sekawanan Rusa untuk menunggu mangsa mereka dan bersembunyi mengatur strategi pengejaran sekawanan rusa tersebut.

singa rusa3Dalam era “crowded economy and bussiness” saat ini dimana informasi menjadi sumber penghidupan yang penting bak savana bagi rusa dan bak sekawanan rusa bagi singa, sangat penting juga bagi kita manusia untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal dan sempurna untuk mendapatkan nafkah atau sumber penghidupan, sebelum diambil peluangnya oleh orang lain. Kira-kira hampir sama esensinya oleh perumpamaan Jangan Bangun Siang, Bangunlah sepagi mungkin nanti ayamnya Mati seperti yang sering diceritakan oleh orang tua kita sejak dulu sampai sekarang.

Era Crowded Bussiness & Economy adalah sebuah era dimana tidak selalu sebuah bisnis yang besar itu menguasai pasar dan bisnis kecil menjadi sub bagian dari bisnis yang lebih besar dari segi modal, ukuran, kekuatan dan pengalamannya. Dalam era ini End customer tidak hanya bisa membeli dari sub agen, tetapi bisa langsung membeli dari pabrik, juga sebaliknya, sebuah bisnis yang besar justru bisa bergantung omzet penjualannya dari sebuah bisnis kecil yang lebih lincah dan fleksibel juga memiliki sistem informasi manajemen dan pasar yang lebih baik. Sudah tidak ada lagi batasan antara bisnis besar dan kecil kecuali dalam hal permodalan saja.

singa rusa2Sebuah informasi dalam era Crowded Ekonomi sekarang ini sangat menentukan posisi manusia dengan bisnis dan pekerjaannya, seperti dalam rantai makanan cerita Singa dan Rusa tadi. Siapa yang tercepat dan terbanyak mengambil, memiliki dan memanfaatkan informasi maka semakin tinggi pula posisinya dalam rantai kehidupan. Informasilah yang menentukan siapa yang akan menjadi Singa dan siapa yang menjadi Rusa atau mungkin hewan lain… Hehehe…

Selain seberapa cepat dan seberapa banyak informasi dan peluang yang kita miliki, kata kunci berikutnya untuk memenangkan persaingan dan menentukan posisi rantai kehidupan adalah seberapa awal atau seberapa dini kita melihat informasi peluang tersebut. Semakin pagi maka semakin sempurna kita mengambil dan menyiapkan peluang tersebut sehingga pekerjaan kita semakin efektif dan optimal.

Seperti sebuah kata motivasi “Succes is when Opportunity meet Preparation” maka kita harus semakin dini mempersiapkan untuk menerima dan mengambil peluang-peluang untuk menempati posisi rantai kehidupan yang lebih baik.

Selamat Menentukan Posisi Kita dalam Rantai Kehidupan ini…!!!

—+++Share for Glory+++—

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s