Tips Hidup Bekerja dan Bisnis yang Efektif dengan Analisa SWOT

swotSetiap Keputusan dalam Hidup manusia mempunyai perhitungan dan pertimbangannya. Dalam kehidupan yang semakin dinamis dan serba cepat seperti sekarang ini, terutama kita yang hidup di era keemasan jaman teknologi Informasi dan Internet, dimana dunia semakin terlihat datar/flat tanpa boundaries atau batas/border dimana arus informasi sangat deras dan perubahan terjadi sangat cepat, perlu suatu rumusan analisa untuk cepat menentukan keputusan keputusan yang cepat dan efektif pula dalam hidup, pekerjaan maupun bisnis.

swot-analysisAda metode atau rumusan yang mempermudah kita untuk mempertimbangkan hal hal yang menentukan sebuah Keputusan paling tepat yang akan kita ambil yaitu Analisa S.W.O.T atau kepanjangan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Threat (Tantangan). Berikut penjelasan Keempat komponen analisa SWOT tersebut.

STRENGTH adalah Aspek/Komponen analisis Internal yang positif dan mendukung sebuah keputusan dan tindakan yang berasal dari dalam Kekuatan diri atau Badan Usaha kita. Misalnya : memiliki skill tertentu, pengalaman bekerja dan bidang usaha tertentu, kekuatan modal yang cukup atau berlebih, networking yang kuat dengan calon customer dan lain lain.

WEAKNESS adalah Aspek/Komponen analisis Internal yang negatif atau Kekurangan yang didapati pada diri kita atau badan usaha yang berpotensi menghambat atau berlawanan dengan keputusan yang akan diambil. Misalnya : Kurang Teliti, Boros, Biaya Operasional yang sudah besar, Introvert atau tertutup, Pendidikan dan atau Pengalaman Usaha atau bekerja yang kurang dan masih banyak lagi.

OPPORTUNITY adalah Aspek/Komponen analisis Eksternal yang mendukung sebuah keputusan. Aspek ini berasal dari luar diri atau badan usaha kita, misalkan : lingkungan yang sesuai, keluarga yang mendukung, Adanya pemodal atau sponsor, Celah pasar atau market yang besar dimana belum banyak pesaing atau kompetitor dan lain lain.

THREAT atau Ancaman/Tantangan adalah suatu analisa kondisi atau pengaruh eksternal yang menghambat suatu keputusan yang akan diambil. Misalkan : Istri yang tidak mendukung, Kurangnya fasilitas finansial ataupun mobilitas diri dan atau usaha, kebijakan pemerintah, hukum agama, budaya masayarakat sekitar dan masih banyak lagi.

swot2Kita dapat membuat rangkuman dari analisa SWOT tersebut dalam bentuk tabel sebelum menentukan pilihan keputusan dan tindakan yang akan diambil. Dan kita pertimbangkan jumlah nilai (+) plus ataupun (-) negatif dari tabel tersebut.

Henricus Yulianto Perdana, ST

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s